TENTANG SETWAN

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi Fungsi dan Tugas serta Tata Kerja pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Fungsi Sekretariat DPRD adalah penyelenggaraan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan fungsi dan tugas DPRD serta penyediaan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sesuai kebutuhan.

Sekretariat DPRD dalam melaksanakan fungsi tersebut mempunyai tugas :

  1. Menyelenggarakan kegiatan umum dan keuangan
  2. Menyelenggarakan kegiatan perundang-undangan, persidangan dan hubungan masyarakat
  3. Menyelenggarakan kegiatan fasilitasi penganggaran dan pengawasan.

Uraian tugas untuk tiap struktur adalah sebagai berikut:

  1. Bagian Umum dan Keuangan

Bagian Umum dan Keuangan mempunyai fungsi penyelenggaraan ketatausahaan, kepegawaian, Program dan keuangan, rumah tangga, dan kelengkapan pada Sekretariat DPRD.

  • Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan di bidang ketatausahaan dan kepegawaian.
  • Sub Bagian Program dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD serta pelaksanaan pembukuan dan pelaporan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD.
  • Sub Bagian Rumah Tangga dan perlengkapan mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan bidang rumah tangga dan perlengkapan  
  1. Bagian Perundang-undangan Persidangan dan Hubungan Masyarakat

Bagian Perundang- undangan, Persidangan dan Hubungan Masyarakat mempunyai fungsi pembuatan risalah rapat dan perundang-undangan DPRD, menyiapkan persidangan dan risalah rapat serta melaksanakan hubungan masyarakat.

  • Sub Bagian Kajian Perundang-Undangan mempunyai tugas menyelenggarakankajian perundang-undangan.
  • Sub Bagian Persidangan dan Risalah mempunyai tugas menyelenggarakan persidangan dan menyusun risalah rapat DPRD.
  • Sud Bagian Hubungan Masyarakat Protokol dan Publikasi mempunyai tugas menyelenggarakan hubungan masyarakat, protokol dan publikasi
  1. Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan

Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan mempunyai tugas fasilitasi penganggaran dan pengawasan serta kerjasama.

  • Sub Bagian Fasilitasi Penganggaran mempunyai tugas memfasilitasi penganggaran DPRD. Menyiapkan pembahasan KUA PPAS, KUA PPAS Perubahan, APBD, APBD Perubahan, Pertanggungjawaban APBD, LKPJ dan LHP BPK, Fasilitasi reses dan penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD.
  • Sub Bagian Fasilitasi Pengawasan dan Kerjasama mempunyai tugas menyelenggarakan fasilitasi pengawasan dan kerjasama, menyiapkan bahan rekomendasi DPRD.