Dua SD ‘Regrouping’ Akan Digunakan Sebagai Home Stay

Dua gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang telah diregouping di wilayah Kecamatan Samigaluh akan dimanfaatkan sebagai home stay oleh pemerintah desa (Pemdes) setempat. Kedua eks gedung SD tersebut adalah SD Tukharjo yang berada di Desa Purwoharjo dan SD Suroloyo di Desa Gerbosari.

Hal tersebut terungkap saat Panitia Khusus (Pansus) pembahas persetujuan pemindahtanganan asset dalam bentuk hibah 10 10 eks gedung SDN yang telah diregrouing DPRD Kulonprogo melakukan peninjauan lapangan di dua SD tersebut. Selain di dua SD itu Pansus DPRD juga meninjau eks gedung SD Kalibawang II, Banjaroyo Kalibawang, SD Watumurah, Pendoworejo dan SD Tegalsari, Purwosari, Samigaluh.

Kepada pimpinan dan anggota Pansus, kepala desa Purwoharjo R Antonius Ariwibowo AMd menyatakan, sejak diregrouping beberapa tahun lalu, eks gedung SD Tukharjo tidak digunakan lagi. Meski beberapa bagian bangunan sudah rusak namun sebagian besar kondisinya masih baik, katanya.

Kalau sudah diserahkan kepada Pemdes Purwoharjo, lanjut  Ariwibowo, bangunan tersebut akan digunakan sebagai home stay untuk mendukung obyek wisata Tinalah. Di samping itu, kata dia, juga akan digunakan sebagai tempat parkir bagi pengunjung Tinalah.

“Selain sebagai obyek wisata, Tinalah juga menjadi area perkemahan sehingga memerlukan prasarana pendukung yang memadai. Home stay dan tempat parkir sangat dibutuhkan untuk mendukung wisata Tinalah,” tandas Ariwibowo.  

Seperti halnya SD Tukharjo, SD Suroloyo yang berlokasi di obyek wisata Puncak Suroloyo juga akan dimanfaatkan sebagai home stay. Namun demikian, karena sebagian gedungnya sudah digunakan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hanya dua gedung saja yang akan digunakan sebagai home stay.

“Keberadaan homre stay sangat kami butuhkan guna mendukung daya tarik obyek wisata Puncak Suroloyo,” ujar Kades Gerbosari Damar AMd.