Anggota DPRD Sidak Mihol di Mini Market Kulonprogo

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 06/M-DAG/PER/- 1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol, semua minimarket di Indonesia haram menjual miras. Penjualan minuman beralkohol golongan A hanya boleh dilakukan oleh supermarket atau hypermarket . 

Sementara itu, penerapan permendag ditindaklanjuti oleh  Anggota DPRD Kulonprogo dengan melakukan pengawasan di sejumlah minimarket di Kota Wates. Dalam  kegiatan pengawasan  dan pemantauan yang dilakukan tidak ditemukan adanya minuman beralkohol yang diperjualbelikan. , Kamis (16/4) siang. 

 “Hari ini kami pantau di beberapa minimarket baik di jaringan waralaba maupun yang bukan. Akan tetapi kami tidak menemukan adanya minuman beralkohol,” jelas Anggota Komisi I DPRD Kulonprogo Muhyadi SAg.

Sebelum pusat mengeluarkan aturan, sebenarnya Kulonprogo telah lebih dulu membuat regulasi tentang peredaran dan pengawasan minuman beralkohol. Yakni melalui Perda No 1/- 2007 yang kemudian direvisi dengan Perda 11/2008 tentang pengawasan peredaran minuman beralkohol dan memabukkan lainnya. Perda mengatur tempat yang boleh menjual minuman beralkohol dan sanksi yang bisa dijatuhkan.

Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo Muhtarom Asrori SH menandaskan, pengawasan minuman ini sebaiknya tidak hanya dilakukan di mini market atau toko modern saja, melainkan misal seperti warung- warung atau kios yang menjadi tempat kulakan dari pedagang kecil.

 

 Sementara itu, supervisor Toserba Sido Agung mengatakan sejak tokonya dibuka, mereka tidak pernah menjual minuman beralkohol. Jangankan yang kadarnya tinggi, minuman seperti bir yang kandungan alkoholnya 0% saja tidak ada. Untuk rokok dan elpiji juga tidak menyediakan.

Pegawai outlet Alfamart sebelah barat perempatan UNY, Eka N mengatakan bahwa sudah sejak dua tahun belakangan ini mereka tidak menjual minuman beralkohol. Dulu memang pernah ada, tetapi setelah ada aturan minuman beralkohol berlaku  sudah tidak ada lagi. “Di seluruh jaringan Alfamart tidak menjual, silakan dicek,” katanya ketika menemui anggota Dewan yang sidak.