Komisi IV Tinjau Pelaksanaan UN

Komisi IV DPRD Kabupaten Kulonprogo meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama tingkat SMA/SMK, Senin (13/4). Dari beberapa SMA yang ditinjau, panitia pelaksana di masing-masing sekolah menyatakan bahwa UN terlaksana dengan lancar. Termasuk distribusi soal yang selama ini sering dikhawatirkan banyak pihak.

Ketua panitia UN SMKN 2 Pengasih Dra Istihani kepada anggota Komisi II menjelaskan, peserta UN di sekolah tersebut sebanyak 495 siswa dari 12 jurusan. Dari jumlah tersebut, kata dia, ada satu orang siswa yang harus mengerjakan soal di ruangan khusus karena sakit akibat mengalami kecelakaan lalu lintas sekitar satu minggu lalu.  

“Untuk mengerjakan soal di kelas, Dimas (nama siswa tersebut) belum memungkinkan. Tanggannya masih digips dan harus duduk dikursi roda. Dia mengerjakan di ruang khusus yang kami sediakan dan diawasi seorang pengawas. Mudah-mudahan Dimas bisa mengerjakan soal dengan baik,” ujar Istihani.

Sementara Kepala SMAN 1 PengasihDrs Ambar Gunawan kepada Komisi IV mengatakan, di sekolah tersebut UN diikuti 156 peserta. Yang terdiri dari 80 siswa dari jurusan IPA dan 76 jurusan IPS. “Pelaksanaan UN di sekolah kami cukup lancar. Semua berlangsung sesuai dengan yang telah direncakanan. Baik keikutsertaan siswa maupun distribusi soal tidak ada hambatan,” tutur Ambar.

 

Sekretaris Komisi IV Agung Raharjo ST berharap pelaksanaan UN bisa berjalan lancar sampai hari terakhir Rabu lusa. Dengan kelancaran tersebut, kata dia, akan menciptakan hasil yang optimal bagi semua siswa. “Meski tidak menjadi syarat mutlak kelulusan namun nilai UN akan menjadi syarat masuk perguruan tinggi. Sehingga siswa harus meraih nilai maksimal agar mereka bisa masuk di perguruan tinggi yang bagus,” tambah politisi PKS tersebut.