Pembukaan Masa Sidang ke II DPRD Kulonprogo Tahun 2015

Setelah Anggota DPRD  menjalani masa reses mulai tanggal 21 s/d 23 Januari 2015, Badan Musyawarah (Bamus) menetapkan Pembukaan Masa Sidang ke-2  DPRD Kabupaten Kulonprogo dilaksanakan Senin (26/1). Berkenaan  dengan hal tersebut, maka atas nama Pimpinan Dewan secara resmi membuka Masa Sidang ke II DPRD Kabupaten Kulonprogo. Demikian dikatakan oleh Ketua DPRD Akhid Nuryati saat memimpin Rapat Paripurna (Rapur) Pembukaan Masa Sidang ke II DPRD Kulonprogo di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin (26/1) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Akhid mengatakan sesuai kewenangannya DPRD Kabupaten Kulonprogo  telah berupaya melaksanakan ketugasannya sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Tata Tertib DPRD yaitu sebagai Fungsi Pembentukan Perda, Fungsi Anggaran (budgeting) dan Fungsi Pengawasan.

Fungsi pengawasan dilakukan melalui peninjauan lokasi, rapat- rapat kerja Komisi, Banggar, dan Pansus. Sejak pelantikan pada tanggal 12 Agustus 2014, DPRD telah menetapkan 5 perda, yaitu (1). Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Bagian Wilayah Perkotaan Dekso 2014- 2034. (2).Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa,(3). Kepala Desa, (4).Perangkat Desa, (5).Keuangan Desa.

 

Ditambahkan oleh Akhid, Pimpinan DPRD mengharapkan kepada segenap Anggota Dewan untuk lebih optimal di dalam menjalankan fungsi kedewanan, pencermatan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan oleh Eksekutif harus kita jalankan dengan sungguh- sungguh dan penuh tanggung jawab. Selanjutnya dalam waktu dekat Dewan akan segera melaksanakan pembahasan terhadap segala permasalahan yang berkembang di Kabupaten Kulonprogo.