Upacara Hari Pendidikan Nasional : Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

Wates – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo gelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 dengan tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”, Upacara di Alun-alun Wates ini dihadiri oleh Pj Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Kapolres Kulon Progo, Komandan Kodim 0731/Kulon Progo, Kepala Kejaskaan, Ketua Pengadilan Negeri Wates ,dan seluruh OPD Kabupaten Kulon Progo pada Kamis (2/5/2024).

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T selaku Pembina Upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Mendikbudristek menyatakan Program Merdeka Belajar yang telah dilaksanakan selama 5 tahun terakhir ini sudah memberi wajah baru bagi pendidikan Indonesia.

"Bukan hal yang mudah untuk menstransformasi sebuah sistem yang sangat besar. bukan tugas yang sederhana untuk mengubah prespektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan". terang Ni Made

"Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan car hidup kita secara derastis. Pada saat yang sama, pamdemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi lebih kuat". lanjut Ni Made

“Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan”, terang Ni Made.

Pj Bupati Kulon Progo pada kesempatan kali ini juga menyerahkan tujuh piagam penghargaan  Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024. Ketujuhnya atas nama Triana Nur Soimah (Bidang Pendidikan), Ponang Merdugandang (Bidang Seni Budaya), Tegar Cahya Putra (Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata), Muhammad Dwi Prasetya (Bidang Pangan), Juli Arna Tri Sundari (Bidang Inovasi Teknologi), Miya Farhanan Toha (Bidang Pendidikan) dan Setia Pambudi (Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata).